• (0370) 7507500
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita BKD Nusa Tenggara Barat

BKD Prov. NTB Meyerahkan Daftar Indormasi Ke Komisi Informasi NTB


PPID BKD Prov. NTB Menyerahkan Daftar dokumen informasi publik Komisi Informasi NTB. Penyerahan berkas informasi publik ini, diserahkan oleh Bapak Sedkretaris BKD Prov. NTB Saiful Amry Kepada Anggota Komisi Informasi Bapak Hendriadi, bertempat di ruang PPID Dinas Kominfo satistik Pemprov. NTB, Jumat 6 Nov. 2020.

PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) adalah pejabat yang bertanggung jawab dalam pengumpulan, pengdokumentasian, penyimpanan, pemeliharaan, penyediaan, distribusi, dan pelayanan informasi dan dokumentasi di Lingkungan Pemerintahan Daerah. "PPID ditujukan sebagai bentuk upaya pemerintah memberikan keterbukaan informasi publik, dimana di era keterbukaan informasi publik saat ini, sebagai sarana mengoptimalkan pengawasan publik dalam penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2008," ujar Hendriadi.

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan Hak Asasi Manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 Tahun 2010, tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dimana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi.

"Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan di Kementerian/Lembaga/Instansi/Pemerintah Daerah, dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi dan fasilitas pendukung lainya," ungkap bapak Saiful Amry yang juga Kepala Sekretaris BKD Prov. NTB.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada PPID BKD Prov. NTB yang telah memberikan dokumen daftar informasi publik untuk kami kumpulkan, karena hal ini sangat penting untuk kami arsipkan dan kumpulkan dokumen yang ada di OPD Prov. NTB, sebagai upaya kita atas keterbukaan informasi publik," Anggota Komisi Informasi NTB



© 2020 Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat. All Rights Reserved.