• (0370) 7507500
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita BKD Nusa Tenggara Barat

Uji Kompetensi JPT Pratama Kota Bima

BKD Prov. NTB, Dengan merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Uji Kompetensi dapat dilakukan apabila pejabat tersebut telah menduduki jabatan paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun.

Hal ini disampaikan Asisten III Sekretariat  Daerah Kota  Bima  Bapak H. sukri, M.Si, di damping oleh Kepala BKPSDMDrts, M. Saleh dan Perwakilan Peserta  Muklis, Se. ME, saat membuka acara Pelaksanaan Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, bertempat di Kota Bima ( 03/09/20)

Berkaitan dengan hal tersebut Asisten III Kota Bima mengatakan juga  uji kompetensi JPT Pratama agar dapat mengetahui secara keseluruhan konsistensi dan kompetensi ASN yang menduduki jabatan Pimpinan Tinggi , “Uji kompetensi yang kita lakukan merupakan suatu bagian dari bahan evaluasi dari pelaksanaan kinerja yang telah disepakati,” Ungkapnya.

disampaikan Asisten III  Kota  Bima  Bapak H. Sukri, M.Si memaparkan bahwa dalam konteks uji kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) terbagi atas 4 kelompok yang menjadi dasar atas penilaian, yaitu (1) Kompetensi Teknis, kompetensi ini merupakan kompetensi mengenai bidang yang menjadi tugas pokok organisasi.  (2) Kompetensi Manajerial. Kompetensi ini berhubungan dengan kemampuan mengatur atau manajerial yang dibutuhkan dalam menangani tugas organisasi. (3) Kompetensi Sosial, kompetensi ini merupakan penilaian suatu kemampuan untuk melakukan komunikasi yang dibutuhkan oleh OPD dalam pelaksanaan tugas dan pokoknya. Dan terakhir (4) kompetensi intelektual, yaitu kemampuan untuk berpikir secara strategis dengan visi yang jauh kedepan.

“seorang ASN yang menduduki Pimpinan Tinggi Pratama secara akumulatif wajib memiliki 4 kompetensi tersebut agar ASN tersebut masih dapat dikatakan layak dan pantas untuk menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama,” tandas H. Sukri, M.Si.

lebih lanjut H. Sukri, M.Si, mengatakan berangkat dari hasil uji kompetensi yang peserta lakukan maka,  “Saya dapat memetakan ulang pejabat sesuai dengan kompetensinya masing-masing, istilah ini dapat disebut dengan “The Right man in the Right Place” dan pejabat yang tidak sesuai dengan kompetensinya akan ditempatkan ke jabatan yang sesuai dengan kompetensinya,” ujarnya.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dilaksanakan tanggal 3 – 4 September 2020 yang diikuti oleh 11 Peserta yang terdiri dari 2 (dua) OPD yaitu Dinas Tenaga Kerja Kota bima ada 8 (delapan) Orang Peserta dan Kepala dinas Pertanian 3 (tiga) orang Peserta.



Cari Berita

Tentang BKD Nusa Tenggara Barat

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat mempunyai tugas membantu Gubernur selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah bidang manajemen kepegawaian.


© 2020 Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat. All Rights Reserved.