• (0370) 7507500
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita BKD Nusa Tenggara Barat

BKD Prov. NTB “Godok” Short Course ke Polandia

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, terus menggeber persiapan pelaksanaan program kerjasama dengan Warswa Univercity of Technology (WUT). Setelah melakukan kunjungan bersama Gubernur NTB ke Polandia lalu, Kepala BKD Prov. NTB, Drs. H. Fathurrahman, M.Si., memimpin rapat persiapan pelaksanaan program kerjasama Pemprov NTB dengan WUT , yakni Short Course Post Graduate Non Degree, dalam bidang Waste Management, pada Senin (14/01/2019).

Menurut Fathurrahman, sampai saat ini, jumlah calon peserta Short Course yang sudah terdaftar mencapai 66 orang, yang terdiri dari 44 orang PNS dan 22 orang non PNS yang berasal dari lembaga pegiat usaha pengolahan sampah.

“Tahap selanjutnya, kita akan lakukan wawancara calon peserta, dengan tim penilai dari akademisi dan lembaga bahasa yang ada di Mataram. Wawancara ini dihajatkan selain untuk mengetahui kemampuan calon peserta, juga untuk pemetaan potensi dan kesungguhan peserta dalam mengaplikasikan ide inovasi atau program pengelolaan sampah diwilayah kerjanya masing-masing,” katanya.

Setelah wawancara ini, lanjutnya, tahapan selanjutnya adalah kursus bahasa selama 30 hari, dimana setiap peserta akan dibimbing untuk peningkatan kemampuan bahasa serta teknik penulisan, sekaligus setiap peserta akan membuat rancangan program kerja dalam pengelolaan sampah, yang menjadi bahan ajar saat short course nantinya.

Keberangkatan peserta sendiri ke Polandia, menurut Fathurrahman, direncanakan pada bulan Mei sampai Juni 2019, dimana selama dua bulan peserta akan mendapatkan pelajaran langsung dari para pakar dalam Waste Management, sekaligus akan dibimbing dalam merumuskan program pengelolaan sampah yang menjadi acuan kerja saat kembali ke tempat tugas masing-masing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Ir. Madani Mukarom, BSc.F., M.Si., yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya mewujudkan NTB Gemilang melalui program pengelolaan sampah, dengan jargon Zero Waste, program Short Course ini menjadi sangat penting. Untuk itu, lanjutnya Dinas LHK siap mendukung dan mensukseskan. Bahkan, menurutnya, pada bulan januari 2019 telah dirancang workshop dan bintek bagi seluruh OPD lingkup Pemprov. NTB, yang ditujukan untuk melatih tenaga teknis masing-masing OPD dalam manajemen pengelolaan sampah di masing-masing kantor.

“Harapan kita, kedepan seluruh kantor lingkup pemprov akan



© 2024 Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat. All Rights Reserved.