• (0370) 7507500
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita BKD Nusa Tenggara Barat

Pembukaan Validasi Soal Tes Kompetensi Kepegawaian

Mataram (BKD Prov. NTB) Pembukaaan Validasi Soal Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK) bagi PNS/Pejabat Gol. III/d dan Gol. II/d di lingkup Pemerintah Provinsi NTB yang di adakan di ruang Aula Rinjani BPSDM yang di hadiri oleh Kepala Kantor Regonal Denpasar dan jajarnnya, pejabat BKD Prov. NTB dan Peserta dari Organisasi Perangkat Derah Prov. NTB. (8/8).

Dalam laporan ketua panitia Pak Wahibullah, S.Ip mengatakan tujuan kegiatan validasi  tes kompetensi ini diharapkan gambaran kemampuan ASN pemerintah Provinsi NTB dan

Tujuan diselenggarakan Ujian Dinas adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan setiap Pegawai Negeri Sipil/ASN dan mengukur tingkat kemampuan serta kompetensi yang dimiliki oleh setiap PNS yang akan mengajukan Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah berdasarkan Ijazah yang dimilikinya.

Sedangkan Sambutan oleh Kepala Kantor Regonal X Denpasar Ibu Ida Ayu Rai Sri Dewi dalam kesempatan tersbut mengatakan bahwa dewasa ini tuntutan masyarakat akan kinerja pemerintahan sangatlah tinggi termasuk tuntutan akan pengelolaan kepegawaian yang baik, transparan efektif dan efisien. Masih terdapat stigma negatif masyarakat terkait kinerja pengelolaan kepegawaian secara umum contohnya sistem rekruitmen CPNS. Untuk menghilangkan padangan negatif tersebut BKN secara terus menerus melakukan perubahan dan inovasi terkait manajemen kepegawaian, salah satunya penggunaan Computer Assisted Test (CAT). seperti seleksi CPNS, pengangkatan dalam jabatan, ujian dinas dan lainnya dengan hasil memuaskan. Melalui tes berbasis komputer ini, proses seleksi berjalan efektif, efisien, transparan, mudah dioperasionalkan, hasil secara cepat diketahui peserta dan panitia, paperless (tanpa kertas) dan tidak bisa diintervensi. “Dengan telah terujinya CAT ini, diharapkan seluruh instansi pusat dan daerah dapat memanfaatkan CAT. BKD Prov. NTB merupakan salah satu pengunaan CAT yang terbaik di wilayah Indonesia Timur kata beliau.

Pembukaan Kegiatan dilakukan oleh Sekda prov. NTB yang di wakili oleh Asisten III Baharudin. M.Pd beliau Mengatakan Validasi tes ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem ini akan mengganti sistem pengisian lembar tes yang sebelumnya dilakukan menggunakan kertas jawaban dan nantinya akan menggunakan komputer. pelaksanaan Validasi tes dengan menggunakan CAT memiliki sejumlah hasil ujian bisa langsung diketahui setelah ujian selesai, dan penilaian dilakukan secara obyektif. Melalui sistem ini, pemerintah juga bisa menghemat anggaran karena tidak lagi dibutuhkan kertas ujian dan dihemat dengan digunakannya sistem CAT.



© 2022 Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat. All Rights Reserved.