• (0370) 7507500
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita BKD Nusa Tenggara Barat

PROGRAM JUMAT SALAM PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTB, mendampingi Pj. Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si di Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Bersama para Kepala OPD lingkup Pemprov NTB pada Hari Sabtu 4 November 2023. Rombongan diterima oleh Camat Moyo Hilir dan Muspika, para Perangkat Desa Poto dan para Tokoh Masyarakat.

Kehadiran Pj. Gubernur berserta rombongan disambut dengan ratib rebana ode oleh anak-anak dari SDN Poto, Bagonteng oleh ibu-ibu serta Sekeco oleh anak-anak dari SDN Poto. Dalam sambutan selamat dating, Camat Moyo Hilir menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas kehadiran Pj. Gubernur NTB beserta rombongan ke Desa Poto lalu disampaikan juga bahwa Desa Poto merupakan pusat pelestarian tenun tradisional Sumbawa berupa Kre Alang, Songket, Sapu dll. Serta telah di tunjuknya Desa Poto sebagai Desa Pemajuan Kebudayaan oleh Pemerintah Pusat, sehingga dalam pelestarian budaya dan kesenian Sumbawa tetap di pertahankan dan dilestarikan mulai dari anak-anak TK dan SD, lalu ada tradisi yang dilestarikan dan juga menjadi kalender event pariwisata Kabupaten Sumbawa berupa “Pesta Adat Ponan” yaitu upacara syukuran para petani telah selesai menanam padi dan menjelang panen.

Penjabat Gubernur dalam sambutannya menyampaikan aspirasi yang tinggi atas Upaya Desa Poto sebagai Desa Pemajuan Kebudayaan oleh Pemerintah Pusat dan peluang ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin seperti pelestarian tenun tradisional khas Sumbawa, pelestarian seni tradisional ( Ratib Rebana Rea, Ratib Rebana Ode, Sekeco, Bagonteng) sebagai salah satu upaya menyampaikan pesan-pesan Pembangunan melalui Bahasa tutur dalam setiap kegiatan.

Kemudian terkait Pesta Ponan agar terus dilestarikan kemudian diminta kepada Kadis Perdagangan, Kadis Perindustrian dan Kadis Koperasi & UMKM Provinsi NTB untuk membantu mengurus Hak Patennya ke Kementerian Hukum dan HAM agar hak cipta, terutama motif tenun sumbawa tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Pj Gubernur selanjutnya meninjau langsung proses menenun Di Gedung Serba Guna Desa Poto.

Harapan Masyarakat agar Pj. Gubernur bisa membantu Masyarakat dalam membangun Desa baik dibidang pemerintahan, pelaksanaan Pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.



© 2024 Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat. All Rights Reserved.